Mainan Untuk Menstimulasi Bayi 0-3 Bulan



Seorang bayi memerlukan stimulasi atau rangsangan untuk perkembangan fisik dan psikisnya. Stimulasi bayi bisa dilakukan dengan aktivitas lewat mainan bayi yang kita berikan. Karenanya, diperlukan mainan yang tepat, yakni mainan mendidik bayi, dan sesuai dengan usia si bayi.

Tulisan ini akan menguraikan tentang stimulasi bayi 0-3 bulan dan pemberian mainan bayi yang tepat untuk usia tersebut. Tentu mainan bayi yang dipaparkan di sini adalah mainan mendidik bayi.

Stimulasi bayi 0-3 bulan dapat dilakukan dengan:

  • Pertama, stimulasi bayi 0-3 bulan dengan meletakkan bayi pada posisi telungkup. Ambil mainan bayi berupa benda berwarna cerah. Dekatkan mainan bayi tersebut ke arah mata si bayi. Bunyikan suara-suara gembira. Si bayi akan mengangkat kepalanya karena melihat mainan bayi dan mendengar suara-suara tersebut. Kemudian perlahan-lahan ia pun akan menggunakan kedua lengannya untuk mengangkat kepala dan dadanya.
  • Kedua, stimulasi bayi 0-3 bulan dengan menggantungkan mainan bayi yang bisa berputar atau berbunyi. Mainan bayi ini juga harus berwarna cerah. Si buah hati akan tertarik dengan mainan bayi yang digantung ini. Ia akan melihat, menendang, dan menggapai mainan bayi ini. Untuk menjamin mainan bayi ini aman bagi si buah hati, pastikan tali penggantungnya tidak akan putus dan ikatannya tidak akan lepas. Pastikan pula mainan bayi ini tidak bisa dimasukkan ke mulut bayi.
  • Ketiga, stimulasi bayi 0-3 bulan dengan mengajak bayi berbicara sesering mungkin. Gunakan berbagai kesempatan Anda bersama si buah hati untuk mengajaknya berbicara. Misalnya, saat merapikan tempat tidurnya, memandikannya, memakaikan pakaiannya, memberinya makan, atau saat bersamanya di tempat tidur. Bersenandunglah dengan lembut ketika meninabobokannya atau ayun-ayunkan sampai ia tertidur.

Anda tidak perlu khawatir akan hal ini karena mengajak bayi berbicara tidak pernah menjadi suatu kesalahan selama kata-kata yang kita ucapkan baik dan disampaikan tidak dengan berteriak.

Mainan bayi pada stimulasi bayi 0-3 bulan ini bisa berupa kerincingan. Bisa berupa bel yang mengeluarkan suara ringan. Bisa pula berupa benda-benda yang ada di rumah kita, seperti radio dan TV yang mengalunkan musik lembut. Amati bagaimana reaksi dan respons bayi terhadap suara-suara yang berbeda itu.

  • Keempat, stimulasi bayi 0-3 bulan dengan memeluk dan membelai bayi. Ajak bayi dalam berbagai kegiatan yang Anda lakukan. Saat bayi tersenyum, balas senyum itu dan tatap matanya sambil mengajaknya berbicara.

Gendong bayi dengan posisi tegak dan ajaklah berkeliling. Perlihatkan padanya benda-benda yang berwarna cerah atau bercahaya yang ada di sekitar kita, yang bisa merupakan mainan bayi baginya. Amati apa yang dilakukan si buah hati, lalu tirukan mimik muka dan ocehannya. Ia pun akan menirukan kita

Posted on 5 Februari 2013, in Inspirasi, Tulisanku. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: