Film, Salah Satu Media Efektif Belajar?


Ini salah satu info yang saya dapatkan tentang penggunaan film sebagai media pembelajaran. [sumber : okezone]

JAKARTA – Penggunaan media pembelajaran yang interaktif terbukti dapat mempercepat dan mempermudah pemahaman materi ajar. Cara tersebut yang dipilih Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam mengenalkan materi kajian politik.

Jurusan Hubungan Internasional UMY mencoba mengenalkan kajian politik Uni Eropa kepada mahasiswa lewat film berkaitan perang dunia dan politik di negara Eropa. Film berjudul “Oblawa” itu menjadi film pertama untuk kajian politik Uni Eropa melalui diskusi film ini.

Oblawa” yang bercerita tentang perjuangan tentara Polandia dalam menentang kekuasaan Nazi itu dirilis pada 2012 dengan direktor Marcin Krzysztalowics. Perjuangan tentara Polandia mempertahankan negaranya dari kekuasaan Nazi, mengisahkan tekad kuat pemuda Polandia yang sudah bosan dengan kekerasan tentara Nazi pada rakyat sipil. berbagai intrik politik yang dilakukan oleh pengambil keputusan digambarkan juga dalam film ini.

“Mudah-mudahan dengan adanya pemutaran film tentang politik Uni Eropa ini, dapat memicu minat mahasiswa dalam mengkaji politik Uni Eropa. Karena memang saat ini masih kurang kajian tentang Uni Eropa, padahal kajian Uni Eropa ini sangat menarik dikaji,” tutur Pakar Kajian Uni Eropa HI UMY Ali Muhammad, seperti dilansir laman UMY, Kamis (7/11/2013).

Ali mengatakan, Uni Eropa menarik dikaji sebab sejarah panjang perang dunia banyak terdapat di Uni Eropa. Kisah tragedi Nazi Jerman yang dipimpin Hitler, maupun pemegang kekuatan perang banyak dikuasai oleh negara-negara di Eropa.

“Masalah yang tidak kalah menarik juga keberadaan Turki di Eropa, selain itu masalah seperti Visegrad ini kurang diketahui oleh banyak orang,” urainya.

Visegrad merupakan perkumpulan empat negara yang berkumpul di dataran tinggi pada saat perang dunia berlangsung. Setelah bergabung dengan Uni Eropa, kelompok Visegrad yang terdiri dari Polandia, Hungaria, Chekoslovakia dan Kroasia membentuk kekuatan yang ingin mengadakan perubahan di Uni Eropa.

Sedangkan Consul of Political Affairs Embassy of Polad For Indonesia Mr. Maciej Duczynski mengatakan, untuk memperdalam kajian Uni Eropa, Kedutaan Polandia akan bersedia membantu HI UMY.

“Banyak hal yang menarik untuk dikaji di Uni Eropa, terutama masalah Polandia juga sangat menarik menurut saya. Kami siap untuk menyediakan bahan kajian tersebut untuk dikaji lebih dalam lagi,” ungkap Maciej.

Maciej menjelaskan, di Polandia sangat banyak film yang dibuat berdasarkan kejadian nyata perang dunia dan dampak dari kebijakan politik di Polandia. Selain itu, traumatis perang dunia sangat berkesan dalam diri orang Polandia.

“Bukan hanya orang Asia yang mempunyai pengalaman buruk dengan perang dunia, seperti Indonesia. Polandia juga mengalami hal yang sama, peristiwa itu sangat memberikan arti perjuangan bagi orang Polandia,” ujarnya. 

 

Kalau kita melihat fakta di atas, kita bisa mengambil hikmah dan referensi tentang salah satu media pembelajaran yang dapat kita gunakan untuk menyampaikan sebuah “materi” atau pesan yang ingin kita sampaikan. Terlebih mungkin kami salah satu SMK jurusan Multimedia.

 

Posted on 7 November 2013, in Materi SMK, Perangkat Belajar, Sinematografi, Tulisanku, Videografi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: