Solusi dari Masalah


Ba’da Shalat shubuh setelah tilawah Al-Qur’an saya lanjutkan dengan mendengarkan “kuliah subuh” di salah satu chanel radio di Sukabumi. Pikiran yang masih jernih dan kondisi badan yang masih fit membuat saya nyaman mendengarkan siaran tersebut. Ceramah dari Ust. Yusuf Manshur yang menjelaskan tentang hal yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ketika sedang mendapat musibah atau cobaan. Ceramah itu semakin menarik ketika diceritakan dari pengalaman seseorang yang mendapat masalah dalam hidupnya.

Berikut secara garis besar apa yang saya dapatkan dari  ceramah tersebut :

Ketika kita mendapat masalah dalam hidup kita, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita untuk melakukan 6 hal sebagai berikut :

1. Wudhu

Salah satu keutamaan wudhu adalah menghapus dosa-dosa. Rasulullah saw. bersabda yang artinya:“Barang siapa yang berwudhu dan melakukannya dengan baik, dosa-dosanya akan keluar dari badannya, meleleh dari sela-sela kuku-kukunya. (H.R. Muslm).
Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Atha’ bin Yasar beliau bersabda, “Jika seorang muslim berwudhu, lalu ia berkumur-kumur maka hilanglah dosa-dosa dari mulutnya. Jika ia membersihkan hidungnya dengan air maka keluarlah dosa-dosa dari hidungnya. Jika ia membasuh mukanya maka keluarlah dosa-dosa dari wajahnya, hingga dosa-dosa itu keluar dari ujung pelupuk mata. Jika ia membasuh tangannya, dosa-dosa akan keluar dari tangannya, hingga ia keluar dari bawah kuku-kukunya. Jika ia mengusap kepalanya, dosa-dosa akan keluar dari kepalanya, hingga melalui kedua telinganya. Jika ia membasuh kedua kakinya, dosa-dosa akan keluar dari kakinya, bahkan dari bawah kuku-kuku kakinya. Kemudian saat ia berjalan menuju masjid dan melakukan sholat (sunnah wudhu) akan menjadi tambahan pahala untuknya.” (H.R. Malik).

2. Shalat
“Sesungguhnya amal manusia yang pertama kali dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya” Jika shalatnya baik, maka baik pula seluruh amalnya; dan kalau jelek, maka jeleklah seluruh amalnya.

3. Membaca Al-Qur’an
Membaca Al-Qur’an adalah sebaik-baik dzikir. Dalam sebuah hadits qudsi diriwayatkan, Allah SWT telah berfirman, ”Barangsiapa yang disibukkan dengan Al Qur’an dan berdzikir kepada-Ku, hingga tidak sempat meminta kepada-Ku, maka aku akan memberikan apa yang terbaik yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta. Dan keutamaan firman Allah atas perkataan makhluk-Nya adalah seperti keutamaan Allah atas semua makhluknya.” (HR. Turmudzi)

4. Berdoa
Dengan berdoa akan mententeramkan jiwa kita, menjadi penawar dan penenang kepada hati yang bersedih. Firman Allah, ‘Ketahuilah, dengan mengingati Allah, hati akan menjadi tenang’. (surah Ar-Ra’du ayat 28)

5. Tawakal
Bertawakal berarti kita mewakilkan persoalan pada Tuhan. Begitulah menurut Prof. Quraish Shihab. Tentu, setelah ada tahapan usaha yang telah maksimal. Namun, kita masih perlu perlindungan-Nya. (Mushaf Al-Mujib:Al-Quran Edisi Asmaul Husna dan Doa, hlm. 575).

6. Sedekah
Rasulullah Saw bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR Al-Baihaqi). Dalam salah satu hadits Qudsi, Allah berfirman: ” Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan n afkah kepadamu. “(HR Muslim).

Itulah sedikit yang saya sampaikan mudah-mudahan bermanfaat, tentu pembaca lebih paham dari yang menulis artikel. Konsepnya, mengingatkan yang sudah ingat, memberi tahu yang sudah tahu.

Salam Semangat!, tularkan kebaikan untuk orang lain hari ini…

Posted on 11 November 2013, in Materi SMK, Tulisanku. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: